Mobil Intelligent Geely Termurah Di Dunia

Rancangan sebuah mobil Tata Nano dari Tata Motors India inilah yang termurah di dunia dengan harga 100.000 rupee atau sekitar 22,5jt, tapi itu dulu. Sekarang ada saingan baru mobil paling murah di dunia yaitu Intelligent Geely (LG) yang boleh dibilang pabrikan asal Cina Geely yang dibanderol 1.500 poundsterling atau sekitar 20,5jt.
Mobil Intelligent Geely akan dipasarkan 2012 mendatang di India, tapi di Beijing Auto Show 2010 telah di pamerkan. Mobil yang kelihatan elite dan hampir menyerupai sayap burung saat kedua pintu di buka ke atas serta bentuk desain mobil yang mini. Hal yang menarik dari Intellegent Geely yaitu kap mesin mobil hibrida yang mungil dengan dipasang panel surya untuk digunakan mengisi baterai. Nah untuk pengerak utama dari mobil ini menggunakan mesin yang berkapasitas 1,0 liter.

Intelligent Geely bakal dibekali mesin konvensional dan motor listrik. Mesin konvensionalnya berupa mesin diesel 1.000 cc. Sedangkan motor listriknya, pabrikan itu menyiapkan 2 pilihan.
  1. Pertama motor listrik dengan aki atau asam timah (lead acid). Motor ini mampu membawa mobil melaju hingga jarak 80 kilometer (km) dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam (kpj)
  2. Kedua, motor listrik dengan baterai dari bahan lithium iron phosphate. Motor ini mampu membawa mobil melaju hingga jarak 180 km dengan kecepatan maksimal 150 kpj. Kelebihan dari baterai jenis ini adalah, proses pengisiannya yang relatif singkat, yaitu dalam tempo 18 menit sudah terisi 80 persen.


Caranya pun cukup mudah. Sebab, piranti pension (charger) telah disesuaikan dengan instalasi listrik rumah. Sehingga cukup dicolokkan ke stop kontak listrik rumah, proses pengisian baterai pun berlangsung. (FAI)
Bookmark and Share

Artikel Berikut :

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails